Pengertian Motherboard dan Komponennya ( Lengkap )

Hai, promers. Kita bahas komponen komponen pada motherboard yuk. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan motherboard itu ?. Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari komputer dan merupakan papan PCB atau papan sirkuit utama yang memiliki berbagai komponen pendukung. Selain terbentuk dari Papan PCB, Motherboard juga dilengkapi dengan berbagai komponen elektronika lainnya loh Promers, apa aja ya ?


  1. Papan PCB yaitu papan induk utama.
  2. Trafo sebagai sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC yang akan lebih optimal dan stabil
  3. LED (Light Emiting Diode) adalah alat indikator yang dapat menyala, di motherboard LED berfungsi sebagai alat penentu kutub positif dan negatif.
    Untuk menentukan kutub positif maka kaki LED tersebut panjang dan disebut Emitor, sedangkan kaki yang pendek adalah kutub negatif dan disebut Colektor.
  4. Resistor sebagai pembagi arus dan juga penghambat arus ke berbagai komponen rangkaian elektronika yang terhubung.
    Contohnya seperti ini Promers, jika arus yang masuk 10volt dan arus tersebut harus dikurangi berarti kita harus memakai resisitor yang mempunyai resistansi/hambatan yang besar agar arus masuk menjadi kecil dan sesuai.
  5. Transistor atau biasa kita kenal dengan nama kerennya “saklar” yaotu alat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan arus pada rangkaian.
  6. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan arus sementara dan penstabil pada suatu rangkaian elektronika agar arus yang masuk mendadak mati dapat stabil. Jadi Promers, arus akan diterima oleh kapasitor terlebih dahulu baru dialirkan ke transistor dan LED.
  7. IC atau Integrate Circuit digunakan untuk membuat sebuah kerja logika pada sebuah rangkaian
  8. Dioda berfungsi sebagai pengubah arus agar arus lebih optimal.
  9. Slot untuk menyelipkan berbagai komponen pendukung Motherbaord, seperti RAM, VGA Card, dan lain sebagainnya.
  10. Konektor sebagai penghubung atau mencolokkan kabel untuk menghubungkan komponen lainnya dengan Motherboard.

Setelah kita mengetahui komponen pembentuk dari Motherboard, JariProm bakal menjelaskan nih fungsi-fungsi dari Motherboard yang kita bahas ini. Papan ini mempunyai beberapa fungsi , antara lain sebagai berikut :

  1. Soket Processor
  2. Northbridge (Kutub Utara)
  3. Southbridge (Kutub Selatan)
  4. Slot RAM
  5. Slot AGP
  6. Slot PCI
  7. Slot CNR
  8. Konektor floppy
  9. Konektor IDE Primer dan Sekunder
  10. Konektor Daya.
  11. Bios.
  12. Cmos.
  13. Ports.

Dari komponen diatas tidak akan dibahas satu satu disini, melainkan akan kami pisah promers. Jangan lupa selalu update blog kami ya.
Previous
Next Post »