Pengertian DNS, DHCP, Dan FTP

Halo Promers, JariProm mau memperkenalkan kalian semua apa itu DNS, DHCP dan FTP. Tentunya kalian sudah sering mendengar istilah itu semua bukan ?
Untuk mengenal lebih dalam lagi, JariProm akan menjelaskan itu semua. Perhatikan ya

DNS

Nama lengkapnya Domain Name System adalah distribute database sistem, yaitu penyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis di dalam jaringan komputer yang menggunakan TCP/IP. DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet, contohnya web browser.

Jadi Promers, DNS bisa kita ibaratkan buku telfon, karena setiap komputer di jaringan Internet tentu memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol ( IP Address ). DNS juga berfungsi untuk mengubah alamat domain ke alamat IP nya. Ilustrasinya seperti ini, jika kita mengetikkan di browser doveriz.com oleh DNS itu diarahkan ke hostnya http:// 103.252.101.76 ( alamat IP yang di pakai doveriz.com )

DHCP


Adalah kependekan dari Dynamic Host Configuration Protocol. yaitu suatu layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya (client). Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP Server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut DHPC Client.

Pada saat DHCP Client dihidupkan, secara otomatis komputer Client tersebut meminta nomor IP ke DHCP Server dan setelah Server memberikan nomor IP kepada Client, Server akan menandai IP tersebut dari daftar blacklist. Jika Server tidak dapat memberikan nomor IP kepada Client maka Client tersebut tidak dapat tersambung ke Jaringan.

FTP


Singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu suatu protokol yang memiliki fungsi untuk tukar-menukar atau transfer file di dalam suatu network/jaringan komputer yang menggunakan TCP. Fungsi dari FTP sendiri adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan mengunggah (upload) file antara FTP Client dan FTP Server.

FTP terdiri dari 2 jenis, yaitu :






  1. FTP Server

    adalah server yang menjalankan software/perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pemberi layanan tukar-menukar file dan server tersebut selalu siap memberikan layanan File Transfer Protocol apabila mendapat request dari FTP client.
    Fungsi FTP server adalah :
    1. Bertujuan untuk sharing data.
    2. Bertujuan menyediakan tempat penyimpanan bagi pengguna/user.
    3. Untuk menyediakan transfer data, file yang reliable serta efisien.

  2. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk transfer atau tukar-menukar file. Jika sudah terhubung dengan FTP server, maka client dapat melakukan upload, rename, download, delete, dan sebagainya sesuai dengan permission yang telah diberikan oleh FTP server.

Sumber Gambar (http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/0/04/CaraKerjaFTP.png)
Sumber Gambar (https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9thf79sAjE0YuWnIlS-hTbA_TMW_0SXfjGhfwJaSwWkfEVAgjI-k7cOclJce8NYcZlCkYEslS4_Sm0uOJCAXCjqSxtYgYcHOsry51IIHzPSYHfezbqt60yRVTTAE1Gp3kqihrhKcxiZXs/s1600/tcp-ip-dns.png)
Sumber Gambar (https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3QNX8ZxFF84MsJYz2ncPx4IPIpPac3nOVQP4x87CzRlKJf4l_w4InmB35JhyphenhyphenT5cv5MfTKvdqJqBytx6Py3ispRwvBxQ4koiBkPdBefQh1RTYa2CrUHEoJqsXAfWCMbxtiw88bjzIS1WX_/s1600/1b.jpg)
Previous
Next Post »