Menangani Error pada saat Upload File di PHP


Menjawab pertanyaan dari teman sekolah saya yang bernama Ana, dia mengalami kesulitan pada saat melakukan upload file menggunakan PHP. Selama ber jam2 tidak menemukan error, disitu mulai ada kejenuhan pada saat mencari error. Dan ternyata setelah saya analisa, error yang terjadi karena hal yang sepeleh. Itu adalah alasan saya untuk membuat artikel ini, mungkin dari sobat juga ada yang punya kesulitan pada saat upload file menggunakan PHP. Baiklah sobat promers, saya akan menjelaskan bagaimana cara menangangi error pada saat upload yang efisien dan tidak buang2 waktu. Kesalahan yang sering terjadi pada saat membuat form upload :


Attribut enctype


Poin ini adalah salah satu faktor yang sering dilupakan oleh para programmer. Pada form harus disertai dengan attribut :

enctype="multipart/form-data"

form harus disertai dengan attribut tersebut. Untuk menandakan bahwa form tersebut terdapat inputan berupa file.

Folder upload


Pastikan root folder yang sobat masukkan benar, jika folder yang sobat masukkan tidak sesuai. Maka file tidak bisa masuk ke folder yang dituju.

Fungsi PHP Upload


Fungsi upload pada php adalah

move_uploaded_file()

Untuk penggunaan fungsi ini alangkah lebih baiknya jika diberi kondisi if, guna jika terjadi error akan lebih mudah penanganannya. Lebih lengkapnya seperti ini.


if(move_uploaded_file($_FILES['jariprom']['tmp_name'],"uploads/".['jariprom']['name'])){
// Kondisi jika upload berhasil
}
else{
//Kondisi jika upload gagal
echo "Upload File Gagal";
}

Ukuran File terlalu besar

Nah, pada poin ini yang selalu bikin pusing, apalagi yang baru pemula. Padahal dari pembuatan awal sudah benar dan tidak ada error. Tapi file tetap saja tidak mau di upload, berulang kali mencoba upload file dengan ukuran besar tetap saja error. Biasanya error ini sering terjadi pada sobat yang sedang membuat proyek upload download file. Disini saya akan memberikan trik untuk menangangi error tersebut. Error tersebut terjadi karena setting dari apache hanya mau menerima file yang berukuran tidak lebih dari 2Mb. Bagaimana cara mengubahnya ?. Silahkan lihat langkah - langkah dibawah ini :

  • Masuk ke folder XAMPP -> php
  • Selanjutnya sobat cari file yang bernama php.ini.
  • Buka file tersebut. Silahkan sobat cari dengan kata kunci upload_max_filesize. Ubah ukuran 2M menjadi ukuran yang di mau. Misalkan upload yang diingankan lebih dari 100Mb, sobat bisa mengganti dengan 1000M. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


    Setting php.ini
  • Setelah selesai silahkan di restart kembali PC / Laptop sobat.

Mungkin itu saja yang bisa saya terangkan untuk menangani error pada saat upload file. Dan jika sobat sudah bisa mengetahui error dengan membaca poin - poin diatas. Error pada saat upload bisa sobat tangani dengan cepat. Tidak buang2 waktu dan error cepat teratasi. Silahkan sobat coba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »