Pengertian RAM, Fungsi, dan Jenisnya

Hai Promers, kali ini JariProm bakal bahas salah satu komponen pendukung dari motherboard, si hijau nan panjang ini biasa kita sebut sebagai RAM. Kalian udah tahu fungsi Ram itu apa ?. Untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai RAM ini. Kita mulai pembahasannya ya. Random Access Memory yaitu perangkat keras ( hardware ) yang fungsinya menyimpan data sementara dan instruksi program yang diperintahkan oleh prosesor. RAM disebut memori internal karena memori tersebut terpasang langsung dengan motherboard.

RAM sendiri memiliki beberapa bagian utama Promers, yaitu :

  • PCB
    Printed Circuit Board yaitu papan yang tersusun dari beberapa lapisan, dan di setiap lapisan PCB terpasang circuit untuk mengalirkan data atau penyalur daya listrik.
  • Contact Point
    berfungsi sebagai konektor ke Motherboard, terdiri atas beberapa titik dan di batasi oleh satu atau dua buah lekukan yang disebut sebagai NOTCH.
    NOTCH itu lapisan berupa lempeng kuningan yang biasannya diselipkan ke Slot Memory dan biasanya Admin JariProm bersihin lempengan ini sih pake penghapus.

Fungsi RAM

  • Mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki maka semakin cepat proses data dari komputer tersebut.
    Biasa nya para Gamers nih yang cari PC/Laptop dengan RAM yang besar.
  • Sebagai media penyimpanan disaat komputer atau laptop dalam keadaan hidup.

Jenis - Jenis RAM


D-RAM

Dynamic Random Access Memory, merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai dasar untuk memperbarui data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM, namun lebih rendah dibandingkan SRAM. Frekuensi dari DRAM antara 4,77MHz hingga 40MHz.




S-DRAM

Synchronous Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM generasi lanjutan dari DRAM dan telah ditambahkan clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM dan memiliki kecepatan sampai 100 MHz.



R-DRAM

Rambus Dynamic Random Access Memory
RAM jenis ini memiliki kecepatan yang tinggi, slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.








S-RAM

Static Random Access Memory adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat.










EDORAM

Extended Data Out Random Access Memory, memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin.



FPM DRAM

Fast Page Mode DRAM merupakan bentuk asli dari DRAM.




Flash RAM

Flash RAM adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakan pada perngkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dll. Memerlukan pembaharuan dengan daya yang sangat kecil.








VGRAM

Video Graphic Random Acces Memory, penggunaan chip VGRAM akan memberikan layanan video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.









DDR SDRAM

Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory, memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, RAM jenis ini menggunakan sedikit daya listrik.








SO-DIMM

Small Outline Dual In-Line Memory Module merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk berbeda dengan RAMyang lain, karena SO-DIMM ini mempunyai ukuran setangah dari RAM.
Previous
Next Post »